Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Selasa, 08 Februari 2011

"OPTION" apakah itu?

Option adalah suatu kontrak derivatif yang memberikan hak beli / hak jual atas asset tertentu, pada suatu harga kesepakatan tertentu, dengan masa berlaku hingga jangka waktu tertentu pula.

Dengan demikian berdasarkan definisi di atas ada 4 (empat) komponen dasar suatu option, yakni :

1) Hak Beli / Hak Jual
Kontrak derivatif yang memberikan Hak Beli disebut Call Option, sementara
Kontrak derivatif yang memberikan Hak Jual disebut Put Option.

2) Asset Tertentu
 Misalnya : Saham Microsoft (MSFT).

3) Harga Kesepakatan tertentu,
Lebih dikenal dengan istilah 'Strike Price'.
Misalnya : Jika anda membeli (buy) MSFT Des 25 Call @ USD 6.- maka anda sudah membeli suatu kontrak derivatif yang memberikan anda Hak Beli, atas Saham MSFT pada harga USD 25 per lembarnya, dimana kontrak yang anda beli ini memiliki masa berlaku hingga Jumat minggu ke-3 bulan Desember.

4) Masa Berlaku
Kontrak Opsi Saham (Stock Option) di Amerika memiliki masa berlaku hingga Jumat minggu ke-3 bulan ybs. Dengan demikian jika anda membeli Option dengan jangka waktu hingga September maka option tersebut akan berakhir masa berlakunya hingga pk 16:00 E.S.T Jumat Minggu ke-3 bulan September (Sabtu minggu ke-3 pk 04:00 WIB).

Definisi di atas kiranya bisa memberikan gambaran betapa fleksibel-nya option. Anda bebas memilih option mana yang anda kehendaki, Call Option (Hak Beli) atau Put Option (Hak Jual), selanjutnya anda bebas menentukan Option atas asset / saham yang mana, anda juga bebas memilih strike price (harga kesepakatan) yang anda kehendaki, juga anda bebas memilih jangka waktu yang anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar