Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Senin, 06 Agustus 2012

OUTLOOK US & GLOBAL 6 AGUSTUS 2102

• Bursa saham global menguat hingga 2 persen, harga minyak melonjak hampir 5 persen dan euro naik pada sesi Jumat ditunjang data non‐farm payrolls Amerika untuk periode Juli yang naik paling tajam dalam kurun 5‐bulan terakhir. Lonjakan kinerja aset beresiko juga ditunjang kembalinya optimisme bahwa pembuat kebijakan di Eropa akan segera bertindak untuk menangani krisis utang. Investor menggarisbawahi pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi Kamis pekan lalu dan menyimpulkan bahwa bantuan dari bank sentral tengah disiapkan, meskipun mungkin masih memerlukan waktu lebih lama untuk menunggu saat itu tiba.
• Laporan sektor ketenagakerjaan Amerika menunjukkan kenaikan non‐farm payrolls periode Juli meskipun pada saat sama tingkat pengangguran juga naik menjadi 8,3 persen, yang terus menghidupkan harapan stimulus keuangan dari The Federal Reserve. Data sektor ketenagakerjaan Amerika tersebut mengakhiri perdagangan yang sangat volatile dalam sepekan terakhir, diwarnai sidang ECB dan The Fed yang keduanya mengecewakan pelaku pasar yang berharap akan adanya stimulus lanjutan guna menopang ekonomi Amerika dan menahan penyebaran krisis hutang eropa.
• Euro <EUR=> naik hingga 1,2392 terhadap dolar AS dan berakhir menguat 1,7 persen ke 1,2385, mengukir performa harian terbaik sejak akhir Juni silam. Dolar AS menguat 0,5 persen terhadap yen, ke 78,58 yen <JPY=>, setelah mencapai level tertinggi dalam dua minggu di 78,77. ECB pada Kamis lalu mengindikasikan kemungkinan akan mulai membeli obligasi pemerintah untuk mengurangi tingginya biaya pinjaman yang melumpuhkan Spanyol dan Italia, tetapi Draghi mengisyaratkan bahwa intervensi apapun belum akan terjadi hingga September. Pemerintah Spanyol mendekati kemungkinan untuk meminta bailout skala penuh, meskipun Perdana Menteri Mariano Rajoy mengatakan pihaknya masih perlu mempelajari kondisinya dan bentuk penyelamatan apa yang perlu diambil oleh Uni Eropa.
• Indeks bursa global MSCI <. MIWD00000PUS> berakhir naik 2,0 persen, sementara indeks saham Eropa <FTEU3.> berakhir naik 2,5 persen.
• Di bursa Wall Street, indeks S&P 500 naik ke level tertinggi sejak awal Mei. Indeks Dow Jones Industrial Average <DJI.> naik 217,29 poin atau 1,69 persen, ke 13,096.17. Indeks Standard & Poor 500 <. SPX> naik 25,99 poin atau 1,90 persen, ke 1,390.99. Nasdaq Composite Index <IXIC.> naik 58,13 poin atau 2,00 persen, ke 2,967.90.
• The Federal Reserve pada Rabu lalu mengirim sinyal lebih kuat bahwa babak baru dari stimulus keuangan akan segera diterapkan jika pemulihan ekonomi Amerika belum menampakkan peningkatan.
• Di pasar minyak, minyak mentah NYMEX untuk kontrak September <CLU2> naik 4,9 persen ke 91,40 USD per barel, peningkatan harian terbesar sejak 29 Juni. Pertumbuhan sektor ketenagakerjaan Amerik a yang mengungguli ekspektasi pada periode Juli memicu sentimen optimis pada prospek permintaan
minyak. Minyak mentah Brent naik 3,04 USD, atau 2,87 persen, ke 108,94 USD per barel.
• Emas juga naik, dimana harga spot emas <XAU=> naik 0,9 persen ke 1,604.10 USD per troy ounce.
• Harga obligasi Amerika melemah terdesak laporan ketenagakerjaan tersebut. Obligasi tenor 10‐tahun Amerika <US10YT=RR> harganya turun 30/32, dengan imbal hasil berada pada kisaran 1,58 persen.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar