Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Senin, 03 Desember 2012

OUTLOOK US & GLOBAL 3 DESEMBER 2012


• Indeks saham utama berakhir tipis dan yield Treasury turun pada hari Jumat menyusul kemungkinan adanya kebuntuan dalam pembicaraan penting anggaran AS kian menambah kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut, meskipun euro naik didukung oleh perkembangan positif yang terjadi Eropa. Turut menambah kekhawatiran global adalah data ekonomi yang lemah dari Brazil dan Kanada.
• Euro jatuh ke level intraday low terhadap dolar setelah data U.S. consumer spending and income turun di bawah ekspektasi, meskipun kemudian mengalami rebound setelah pasar memandang positif terhadap prospek ekonomi Eropa setelah tercapai kesepakatan pemberian bailout untuk Yunani.
• Presiden Barack Obama menuduh "beberapa anggota Partai Republik" di DPR pada Jumat mempertahankan undang‐undang untuk memperpanjang pemotongan pajak untuk kelas menengah Amerika dalam rangka untuk mencoba melindungi golongan yang kaya.
• Dow Jones industrial average <.DJI> ditutup naik 3.76 poin atau 0.03% di 13,025.58. Standard & Poor's 500 Index <.SPX> naik 0.23 poin atau 0.02% di 1,416.18. Sedangkan Nasdaq Composite Index <.IXIC> turun 1.79 poin atau 0.06% di 3,010.24.
• Treasury AS tenor 10 tahun naik 1/32, dengan yield di 1.6147%.
• Sebuah laporan swasta mengenai aktifitas bsnis di wilayah Chicago di bulan November dirilis sesuai dengan ekspektasi ekonom, mengindikasikan pertumbuhan moderat untuk ekonomi AS.
• Pergerakan indeks saham dunia dan Eropa juga dibatasi oleh ketidakpastian yang terjadi di AS. Indeks ekuitas dunia MSCI naik kurang dari 0.1% ke 332.58, meskipun masih mendekati level tertingginya untuk bulan November, setelah naik hampir 1% di hari Kamis sebelumnya. Sedangkan FTSEurofirst 300 index <.FTEU3> untuk saham‐saham utama Eropa terkoreksi 0.2% ke 1,119.36, setelah mencatat kanikan 1.1% di hari Kamis, yang membawanya ke penutupan tertinggi 4 bulan. Bursa Eropa mencatat kinerja bunanan terbaiknya sejak Agustus dan kenaikan 6 bulan berturut‐turut dipicu meningkatnya optimisme terhadap prospek ekonomi Eropa sejak tercapainya kesepakatan bailout Yunani.
• Optimisme tersebut telah berhasil mengangkat euro, dan mencatat naik 0.2% terhadap dolar ke $1.3005 setelah mendaki ke level tertinggi 5 pekan. Euro juga mencatat level tertinggi 7 bulan terhadap yen.
• Kuatnya permintaan pada obligasi pemerintah Italia dalam sepekan kemarin, yang membuat turunnya yield obligasi Roma ke level terendah 2 tahun, dan turunnya yield obligasi pemerintah Spanyol telah mendorong investor untuk memburu aset‐aset Eropa. Yield obligasi Spanyol dan Italia stabil masing‐masing di 5.268% dan 4.484%, jauh di bawah level puncaknya bulan Juli, ketika yield Spanyol naik di atas 6%.
• Namun dibelahan bumi lainnya kondisi ekonomi tidak begitu bagus. Ekonomi Brazil mencatat pertumbuhan yang mengecewakan di kuartal ketiga, menambah tekanan pada Presiden Dilma Rousseff untuk memperdalam reformasi struktural dan menambah kekhawatiran pasar negara berkembang terseret kedalam stagnasi ekonomi global. Dolar menguat 1.3% terhadap real Brazil.
• Ekonomi Kanada juga melemah pada kuartal ketiga karena ekspor mencatat penurunan terbesar dalam tiga tahun dan pebisnis mengkaji kembali investasi mereka, meskipun perlambatan ini nampaknya tidak akan mencegah Bank of Canada dari langkah kenaikan suku bunganya. Dolar bergerak tipis terhadap dolar Kanada.
• Krisis fiskal AS tetap menjadi fokus di pasar minyak karena potensi dampaknya terhadap permintaan dari konsumen minyak terbesar di dunia tersebut. Minyak mentah naik menjelang akhir pekan. Minyak mentah Brent <LCOc1> naik 0.3%menjadi $ 111.09 per barel, sementara minyak mentah AS <CLc1> naik 0.8% menjadi $88.83 per barel. Emas jatuh ke $ 1,714.14 per ons, diterpa ketidakpastian atas krisis anggaran AS
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar