Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Senin, 02 April 2012

OUTLOOK US & GLOBAL 2 APRIL 2012


• Bursa ekuitas global menguat pada sesi Jumat akhir pekan lalu terdorong rilis data ekonomi Amerika diantaranya consumer sentiment yang membaik, meningkatkan harapan akan pemulihan ekonomi Amerika. Data consumer confidence Amerika meningkat ke level tertinggi sejak 1‐tahun terakhir pada periode maret, sementara consumer spending untuk periode Februari mengalami peningkatan terpesatnya sejak 7‐bulan terakhir.
• Namun pada saat yang sama, data tersebut meningkatkan minat investor terhadap aset safe‐haven seperti obligasi pemerintah, sementara instrumen ekuitas dan mata uang bergerak dalam kisaran terbatas karena gagal mendapatkan dukungan lebih kuat untuk menembus level teknis khusus.
• Pemerintah Spanyol menyatakan akan melakukan pemangkasan anggaran yang dapat menghemat dana senilai 27 miliar euro pada 2012, sementara menteri‐menteri keuangan Uni‐Eropa menyetujui peningkatan dana yang digunakan untuk penyelamatan krisis hutang kawasan.
• Berita tersebut menyokong performa bursa saham eropa, dimana indekx The FTSEurofirst 300 ditutup menguat 0,9% ke 1069.03, mencatat penguatan 6,8% dalam kuartal pertama 2012 yang merupakan performa kuartalan terbaik sejak 6‐tahun terakhir. Sementara itu indeks bursa saham global yang terangkum dalam MSCI ditutpu menguat 0,6%, mencatat penguatan 11% pada kuartal pertama 2012, menjadi performa kuartalan terbaik sejak 2010 lalu.
• Sementara itu indeks Dow Jones menguat 66.22 atau 0,55% ke 13212.04, sedangkan S&P500 ditutup menguat 5.19 poin atau 0,37% ke 1408.47 dan Nasdaq melemah 3.79 poin atau 0,12% ke 3091.57.
• Euro menguat terhadap dolar AS dan yen menyusul berita pemangaksan anggaran Spanyol yang meningkatkan ekspektasi bahwa pemerintah negara tersebut akan dapat memenuhi penghematan yang diperlukan guna menghindari dari krisis lebih lanjut. Euro membukukan performa kuartalan terbaik sejak 1‐tahun terakhir, mendapat sokongan dari program pinjaman murah ECB yang digelontorkan sejak akhir tahun lalu.
• Emas tercatat mengalami penguatan sebesar 6,6% pada kuartal pertama 2012, mengungguli performa indeks dollar AS yang hanya naik sebesar 1,7% pada kuartal yang berakhir akhir Maret lalu tersebut. Sementara itu logam mulia lainnya, seperti platinum menguat 17% dan perak tercatat menguat 16% pada kuartal pertama 2012.
• Harga minyak mencatat performa kuartalan terbaik sejak 2011 silam, menyusul ancaman dari berkurangnya pasokan minyak dunia sehubungan sanksi barat terhadap Iran. Turut menopang kinerja minyak pada sesi akhir pekan lalu adalah pernyataan pemerintah Obama yang meyakinkan public bahwa pasokan minyak dunia masih mencukupi permintaan meskipun sanksi terhadap Iran diberlakukan.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar