Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Jumat, 02 November 2012

OUTLOOK US & GLOBAL 2 NOVEMBER 2012


• Bursa global terapresiasi pada hari Kamis seiring membaiknya gambaran kondisi pasar tenaga kerja AS dan juga data yang menunjukkan ekonomi Cina kembali memulih, sementara minyak mentah AS ter‐support oleh laporan ekonomi dan terkendalanya suplai akibat terjangan badai Sandy.
• Setelah Badai Sandy memporak‐porandakan wilayah pesisir timur AS, masalah logistik dari pemadaman listrik dan bahaya navigasi terus mengancam pengiriman bahan bakar dan minyak mentah di wilayah New York, termasuk pengiriman New York Harbor untuk kontrak minyak berjangka New York Mercantile Exchange.
• Data ADP National Employment menunjukkan sektor swasta menambah pekerjaan di bulan Oktober pada level terpesatnya dalam 8 bulan terakhir, mengisyaratkan membaiknya kondisi pasar tenaga kerja AS. Data lain menunjukkan adanya peningkatan pada kepercayaan konsumen. Sedangkan data klaim pengangguran mingguan AS yang mengalami penurunan berhasil membantu mengangkat sentimen menjelang rilis data non‐farm payrolls AS malam nanti, dan terdapat sinyal beragam mengenai kondisi manufaktur AS.
• Optimisme terhadap perkembangan ekonomi Cina kian tumbuh setelah data survey manufaktur menunjukkan terjadinya peningkatan. Indeks PMI manufaktur Cina untuk bulan Oktober menunjukkan adanya peningkatan pada aktifitas pabrikan Cina untuk pertama kalinya sejak Juli lalu.
• Bursa saham AS secara umum menguat, dengan 3 indeks utama Wall Street naik lebih dari 1%. Indeks S&P 500 mencatat kinerja terbaiknya dalam 7 pekan. Dow Jones industrial average <.DJI> ditutup naik 136.16 poin atau 1.04% di 13,232.62. Sedangkan Standard & Poor's 500 Index <.SPX> naik 15.43 poin atau 1.09% di 1,427.59. Sementara Nasdaq Composite Index <.IXIC> bertambah 42.83 poin atau 1.44% di 3,020.06.
• Di Eropa, indeks FTSE Eurofirst <.FTEU3> berakhir naik 1.2% di 1,109.99. Meningkatnya aktifitas di Cina telah mendorong minat pada produk otomotif Eropa. Indeks ekuitas global MSCI <.MIWD0000PUS> naik 0.8% ke 331.85.
• Harga Treasury AS turun oleh berita survey manufaktur PMI Cina, sementara bank sentral Cina juga memberikan suntikan dana bersih yang terbesar dalam pekan ini. Langkah bank sentral tersebut mengisyaratkan tekadnya untuk menjaga kondisi pasar uang realtif longgar dan mendukung pinjaman untuk ekonomi riil sebelum transisi politik dalam 1 dekade, mulai pada 8 November pada Kongres Partai ke‐18. Harga Treasury tenor 10 tahun turun 8/32 dengan yield 1.7207%.
• Euro menyerahkan keuntungannya terhadap dolar setelah sebuah pengadilan Yunani memutuskan reformasi pensiun negara itu yang diminta oleh pemberi pinjaman asing mungkin tidak konstitusional, sehingga memicu kekhawatiran tentang kemampuan Athena untuk menerapkan langkah‐langkah penghematan yang diperlukan guna mengamankan paket bantuan. Euro turun 0.15% di $1.2939.
• Laporan U.S. Energy Information Administration (EIA) semalam menyebutkan stok minyak mentah AS turun 2.05 juta barel, kontras dengan ekspektasi terjadi kenaikan 1.5 juta barel. Sedangkan stok minyak suling (distillate) turun hanya 93000 barel, jauh lebih sedikit dibanding perkiraan turun 1.3 juta barel dan untuk stok bensin naik 935000 barel, melampaui ekspektasi. Brent December crude <LCOc1> turun 53 sen ke $108.17 per barel, setelah turun ke level intraday low di $107.75. Minyak mentah AS untuk pengiriman Desember naik 85 sen di level $87.09 per barel.
• Harga emas turun seiring menguatnya dolar, namun pergerakan relatif terbatas karena investor menunggu hasil data ketenagakerjaan AS nanti malam. Harga emas spot turun 0.3% di $1,713.89 per ounce. Sedangkan untuk emas berjangka pengiriman Desember turun 0.2% atau $3.60, di $1,715.50.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar