Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Senin, 26 November 2012

OUTLOOK US & GLOBAL 26 NOVEMBER 2012


• Bursa global dan euro menguat pada hari Jumat menyusul indikasi adanya perkembangan pembicaraan untuk mengesahkan paket bantuan untuk Yunani, disamping juga rilis positif untuk indeks sentimen bisnis Jerman yang diluar dugaan mengalami kenaikan di bulan November. Bursa AS menguat dalam 5 hari berturut‐turut, terangkat oleh naiknya saham teknologi seperti Intel <INTC.O> dan Microsoft <MSFT.O>, yang keduanya naik sekitar 2%. Indeks untuk saham semikonduktor naik 1.8% sedangkan indeks S&P untuk sektor teknologi informasi naik 1.6%. pasar Wall Street ditutup lebih awal setelah pasar tutup pada hari Kamis sebelumnya untuk merayakan Thanksgiving. Volume perdagangan terlihat tipis karena masih banyak investor yang meliburkan diri.
• Microsoft membantu mengangkat Nasdaq, setelah saham tersebut naik 2.8% ke $27.70, sementara Apple Inc <AAPL.O> naik 1.7% ke $571.50. Antara medio September hingga medio November, S&P tech sector <.GSPT> telah melemah sekitar 13% seiring melemahnya pasar global.
• Research In Motion <RIMM.O> menguat menyusul optimisme mengenai akan segera diluncurkannya BlackBerry 10, yang akan bersaing dengan iPhone dan smartphones berbasis Android dari Apple. RIM naik 13.6% di $11.66.
• Hari Jumat kemarin juga menandai awal dari musim belanja liburan dan memberikan alasan bagi investor untuk memburu saham‐saham ritel.
• Dow Jones industrial average <.DJI> naik 172.79 poin atau 1.35% di 13,009.68. Sedangkan Standard & Poor's 500 Index <.SPX> naik 18.10 poin atau 1.30% di 1,409.13. Sementara Nasdaq Composite Index <.IXIC> naik 40.30 poin atau 1.38% di 2,966.85. Dalam sepekan, Dow tercatat naik 3.3%, S&P 500 naik 3.6% dan Nasdaq naik 4%.
• Saham Eropa mencatat kenaikan mingguan terbaiknya sepanjang tahun ini setelah mencatat penguatan selama 5 hari berturut‐turut pada hari Jumat. FTSEurofirst‐300 index of pan‐European shares <.FTEU3> naik 0.6% untuk ditutup di level 1,110.45.
• Germany's BASF <BASFn.DE> dan Bayer <BAYGn.DE> memimpin rally pada saham kimia setelah indeks kepercayaan bisnis Jerman diluar dugaan mencatat kenaikan pertamanya dalam 7 bulan terakhir, dimana telah menambah prospek cerah bahwa Jerman akan meraih momentumnya.
• Rilis optimis data PMI manufaktur Cina pada hari Kamis yang menunjukkan ekspansi setelah mengalami kontraksi dalam 7 kuartal terakhir dan data manufaktur AS hari rabu yang menunjukkan pertumbuhan terpesatnya dalam 5 bulan di periode November, mengindikasikan terjadinya pertumbuhan ekonomi yang kuat di kuartal keempat.
• Euro menguat ke $1.2991, menembus level resistance $1.2910 (MA‐55), dan terakhir diperdagangkan di sekitar $1.2975, atau naik 0.7% dibandingkan penutupan New York hari Kamis. Sedangkan terhadap yen, euro juga menembus level tertinggi 7 bulan di 106.97 yen dan terakhir tercatat bergerak menguat 0.6% di sekitar 106.90 yen.
• MSCI's world equity index <.MIWD00000PUS> naik 1.1% di 329.92 poin. Sebelumnya, indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik diluar Jepang naik 0.7% dan mencatat kenaikan mingguan 2.6%, sekaligus kinerja pekan terbaiknya dalam 2 bulan terakhir.
• Optimisme akan tercapainya kesepakatan untuk pemberian paket bantuan Yunani, tercapainya solusi untuk mengatasi krisis fiskal AS dan data yang menunjukkan adanya
peningkatan prospek ekonomi global telah memicu rally pada aset‐aset beresiko dalam sepekan terakhir.
• Para menteri keuangan Eropa, IMF dan ECB telah gagal mencapai kesepakatan pada sidangnya pekan kemarin untuk menurunkan beban utang Yunani ke level yang diharapkan. Mereka akan mengadakan pertemuan ketiganya di hari Senin ini untuk merumuskan langkah‐langkah tepat guna tercapainya kesepakatan dalam mengatasi krisis utang kawasan.
• Pasar obligasi mengalami tekanan, dengan Tereasury AS tenor 10 tahun turun 4/32, dengan yield di 1.6917%. Di pasar komoditi, emas naik di atas $1,750 per ounce untuk pertama kalinya selama lebihd dari sebulan, mencatat naik 1.3% menyusul melemahnya dolar dan maraknya aksi beli.
• Harga minyak naik di atas $111 per barel berkat rilis lebih baik data indeks Ifo Jerman yang telah membantu mengurangi kekhawatiran seputar prospek permintaan dari zona euro, mendorong penguatan euro atas dolar, sementara aksi protes pecah di Mesir dan menyita perhatian mengenai suplai. Harga minyak berjangka Brent naik 85 sen di $111.40 per barel, sedangkan untuk minyak berjangka AS naik 92 sen di $88.32.
• Pada hari Kamis, Israel mulai menarik pasukannya, yang telah siap untuk menyerang Jalur Gaza untuk mengejar militan yang menembakkan roket ke Israel. Meskipun gencatan senjata Gaza tengah berlangsung, kekerasan justru muncul di Mesir. Di Tahrir Square Kairo, ribuan orang berpartisipasi dalam demonstrasi menentang Presiden Mohamed Mursi. Polisimenembakkangasairmatakekerumunandalamupayauntukmembubarkankonsentrasimassa. 
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar