Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Selasa, 21 Mei 2013

IHSG OUTLOOK & TABEL ENTRY 21 MEI 2013


  • Seorang teman bertanya saham apa yang masih naik? Apakah IHSG sudah kemahalan? Apakah Market akan crash pada bulan Juni 2013 ? dsb.
  • Pertanyaan seperti itu mencerminkan sebuah pertanyaan yang sangat lugu, saya hanya menjawab, Apakah Anda seorang trader or Investor ?
  • Kalau Anda sebagai  trader, maka trading by chart, sepanjang saham tsb still up trend hajar terus, dan apabila garis up trendnya telah patah kita harus disiplin untuk menjualnya.
  • Apabila Anda sebagai investor, kenalilah perusahaannya, berfundamental bagus, dan belilah ketika saham itu saat murah. Murah atau tidaknya secara sederhana dapat dilihat dari PER dan PBV nya.
  • Namun saat ini masih banyak trader yang buy berdasarkan rumour atau info serta berita-berita dari media, nah disini Anda harus pandai membedakan mana yang menjadi berita dan mana yang menjadi rumour.
  • Sekali lagi Penulis trading by chart alias by TA (Tehnical Analys), sehingga semua saham yang masih up trend, maka hajar terus, kecuali jika garis up trendnya patah, maka Penulis akan keluar dari saham tsb.
  • Bagaimana bila saham tsb sudah patah trendnya kemudian naik kembali, ya beli lagi saja, kenapa bingung? Itu bagian dari seninya trading saham.
  • Bagaimana dengan IHSG saat ini? IHSG saat ini sedang strong up trend, apalagi asing net buy dengan value cukup besar, so hajar terus saja. Namun perhatikan setiap kenaikan IHSG hanya berlangsung 2-3 hari, setelah itu konsolidasi 4-7 hari, setelah itu naik lagi, dan konsolidasi lagi, jadi tentunya Anda dapat menerka kapan harus beli dan kapan harus jual.
  • Namun yang lebih penting adalah perhatikan dan fokus kepada saham yang Anda miliki, karena bisa saja saham tsb anomali dengan IHSG itu sendiri.
  • Kemarin saham MAIN secara tiba-tiba menjadi sasaran asing untuk memborong saham tsb, sehingga menempati posisi Asing net buy, hampir 100 Milyards, Penulis kemarin memperoleh kabar bahwa Malindo di Malaysia adalah Perusahaan Pabrik pakan ternak terbesar di Malaysia dengan nama perusahaan Liong Hap, terletak di pertengahan Johor-Malaka, Pemiliknya adalah keluarga Lau, disamping itu mempunyai perkebunan CPO dan perkebun karet, hanya itu sekilas mengenai Induknya MAIN di Malaysia, namun saya pernah berbincang-bincang dengan salah satu putra dari ownernya, saat ini keluarga Lau sudah berketetapan untuk memperbesar jaringan bisnisnya di Indonesia ketimbang di Malaysia sendiri.
  • Selain saham MAIN, saham CPIN dan JPFA juga ikut naik, nah apa alasan ke-3 saham pakan ternak itu naik hebat? Trader by TA tidak akan memperdulikan soal itu, karena chart is discount every things, segala sesuatu sudah terefleksi dalam chart.
  • Saham-saham Banking juga kemarin banyak menjadi sasaran pembelian asing terutama saham BMRI yang menempati uruasn ke-1, sedangkan urutan ke-2 adalah ASII, dan urutan ke-3 adalah MAIN.
  • Harga EMAS dunia kemarin sempat turun ke level terendah 1337 usd/troy ounce, namun subuh ini sudha kembali mendekati level 1400 usd, seperti yang saya tulis kemarin walau bagaimanapun emas adalah alternatif lain untuik orang berinvestasi, naik dan turun sebuah harga adalah seninya dari investasi, dan itu adalah cerminan dari sebuat pasar, dimana suply and demand, termasuk psikologis trading. Saat ini yang harus kita lihat mempukah EMAS naik kembali diatas level 1400?
IHSG



BMRI



ADHI



KIJA



BEST





Tabel entry, stop dan target harga :


Warna Hijau : adalah saham-saham yang break out (Buat trader Buy High Sell Higher).

Warna biru : adalah saham-saham yang bullish dan berpeluang untuk break out.

Warna putih : adalah saham-saham yang masih bearish namun berpotensi naik.

Trade Signal : Ini sinyal2 yang dihasilkan pada saat explorasi.

Strenght : Berhubungan dengan kondisi trend. Semakin besar posisinya artinya semakin bullish. (Max 100 minimal -100), Penulis kadang tidak menimbulkan kolom strenght, bila saham pilihannya terlalu banyak, karena Penulis sudah pilihkan dengan saham yang berwarna hijau, biru dan putih.

VChg : adalah perubahan volume terhadap hari sebelumnya, semakin besar perubahan volume'nya, berarti semakin bagus.

Chg : adalah perubahan harga close terhadap harga close sebelumnya.

W/B : White and Black. Ini menghitung body candle. Bila -4 artinya 4 hari berturut-turut candlenya hitam (Close > Open).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar