Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Rabu, 01 Mei 2013

OUTLOOK US & GLOBAL 1 MEI 2013


  • Dolar menembus level terendah 2 bulan pada hari Selasa menyususl ekspektasi The Fed akan melonggarkan kebijakan moneternya, sementara S&P 500 mencatat rekor tertinggi dipicu naiknya saham Apple. Indeks S&P menembus rekor intraday high sesaat sebelum tutup pasar, dan settle di level tertinggi sepanjang masa. Indeks juga mencatat kenaikan 1,8% sepanjang bulan April.
  • Apple telah memukau pasar obligasi dengan kesepakatan obligasi non‐bank terbesar dalam sejarah, menawarkan penjualan senilai $17 milyar. Harga Treasury AS melemah setelah penjualan obligasi, sementara saham perusahaan teknologi melejit 2,9% ke $442,78, memimpin kenaikan pada S&P 500 dan juga Nasdaq.
  • Investor meyakini bahwa The Fed akan melanjutkan program pembelian obligasinya sebagai respon atas melemahnya pemulihan ekonomi. Sementara ECB pada hari Kamis besok diprediksi akan memangkas suku bunganya.
  • Data hari Selasa kemarin menunjukkan terjadi kontraksi diluar dugaan pada aktifitas bisnis di wilayah Midwest AS, sebuah indikasi terkini akan melambatnya pertumbuhan ekonomi.
  • Indeks dolar, barometer untuk melihat nilai tukar terhadap sejumlah rival utamanya, menembus level terendahnya sejak akhir Februari di 81,598 dan terakhir bergerak melemah 0,5% di 81,711. Euro terapresiasi ke level intraday high di $1,3185, level terkuatnya sejak 17 April. Euro terakhir tercatat naik 0,5% di $1,3164.
  • MSCI's world equity index <.MIWD00000PUS> naik 0,6%, sementara FTSEurofirst 300 index <.FTEU3> ditutup melemah 0,2%.
  • Di Wall Street, Dow Jones industrial average <.DJI> naik 21,05 poin atau 0,14% di 14839,80. Sedangkan Standard & Poor's 500 Index <.SPX> naik 3,96 poin atau 0,25% di 1597,57. Sementara Nasdaq Composite Index <.IXIC> naik 21,77 poin atau 0,66% di 3328,79.
  • Rilis mengecewakan data aktifitas bisnis di AS mampu diredam oleh rilis optimis data perumahan dan juga kenaikan saham Apple, dimana hal ini telah mendorong naiknya indeks saham AS. Hanya sepekan setelah mengumumkan penurunan laba kuartalan pertamanya dalam 1 dekade terakhir, Apple menawarkan kesepakatan besar untuk mengumpulkan dana bagi program ambisius yang akan mengembalikan $ 100 miliar tunai kepada pemegang saham Apple.
  • Treasury AS tenor 10 tahun tercatat turun 2/32 dengan yield 1,6734 persen. harga obligasi awalnya memangkas keuntungannya setelah adanya penawaran Apple. Namun pelaku pasar mengatakan yield Treasury nampaknya akan tetap rendah dan kurva yield‐nya cenderung flat, mempersempit perbedaan antara yield jangka pendek dan jangka panjang.
  • Institute for Supply Management‐Chicago business barometer turun ke 49, di bawah angka 50 yang mengindikasikan sektor mengalami kontraksi. Laporan tersebut sempat menekan indeks saham AS di awal sesi. Namun laporan lainnya bernada positif. The S&P/Case‐Shiller index of 20 metropolitan areas menunjukkan harga rumah naik 9,3% di bulan Februari dari tahun sebelumnya, kenaikan terpesatnya sejak Mei 2006. Data juga menunjukkan terjadi peningkatan kepercayaan konsumen di bulan April.
  • Sementara data ekonomi Eropa memperkuat pandangan bahwa ECB akan memangkas suku bunganya pada sidangnya Kamis besok. Inflasi di zona euro menembus level terendah 3 tahun dan tingkat pengangguran naik ke rekor tertingginya. Turut menambah kekhawatiran adalah data penjualan ritel Jerman diluar dugaan turun di bulan Maret sementara ekonomi Spanyol terkontraksi dalam 7 kuartal berturutan di kuartal pertama tahun ini. Jika ECB memangkas suku bunganya 25 basis poin, maka akan menempatkan suku bunganya di rekor terendahnya menjadi 0,5%.
  • Harga minyak dan emas terkoreksi. Harga minyak Brent turun $1,44 ke $102,37 per barel sedangkan harga minyak mentah AS turun $1,04 di $93,46 per barel. Ems juga tertekan menjelang sidang bank sentral. Harga emas turun 0,2% ke $1473,54.
    (vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar