Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Senin, 12 Maret 2012

OUTLOOK US & GLOBAL 12 MARET 2012


• Bursa global menguat dan dolar rally secara umum pada hari Jumat setelah rilis optimis data pekerjaan AS memberikan indikasi meningkatnya pemulihan ekonomi di negara dengan perekonomian terbesar di dunia tersebut. Penerimaan yang kuat dari kreditor swasta untuk swap obligasi Yunani telah menghindarkan terjdinya gagal bayar dan menambah optimisme investor.
• Berita bahwa International Swaps and Derivatives Association (Asosiasi Swap dan Derivatif Internasional) telah menetapkan bahwa debt swap (penukaran utang) kreditor swasta Yunani ‐‐ bagian dari bailout yang lebih luas ‐‐ bukan sebuah "peristiwa kredit" sehingga tidak akan memicu kontrak asuransi. Sebelumnya terjadi kekhawatiran bahwa jika kesepakatan membenarkan penerapan kontrak `credit default swap`, pemegang obligasi pemerintah Yunani mungkin telah dapat mengklaim kompensasi, mengancam kesepakatan bailout yang lebih luas.
• Sementara itu, data menunjukkan terjadi pertumbuhan yang solid pada sektor pekerjaan AS di bulan Februari untuk ketiga kalinya secara berturut‐turut, menyusul tercatat penambahan lapangan kerja sebanyak 227.000, demikian dilaporkan Departemen Tenaga Kerja AS, meskipun tingkat pengangguran tetap stabil di level terendah 3 tahun di 8.3%. Kondisi ini memberikan indikasi terjadinya peningkatan dalam pemulihan ekonomi AS, dan memperkecil kebutuhan The Fed untuk melanjutkan program stimulus moneter.
• Dolar menembus level tertinggi terhadap yen selama hampir 11 bulan dan menguat secara umum terhadap mata uang lainnya, sementara harga obligasi pemerintah AS turun. Emas sementara ini berhasil membalik kerugiannya dan mencatat naik hampir 1%.
• Dow Jones industrial average <.DJI> ditutup naik 14.08 poin atau 0.11% di 12,922.02. Standard & Poor's 500 Index <.SPX> bertambah 4.96 poin atau 0.36% di 1,370.87. Sedangkan Nasdaq Composite Index <.IXIC> naik 17.92 poin atau 0.60% di 2,988.34. Dalam sepekan, Dow telah turun 0.4%, S&P 500 naik 0.1% dan Nasdaq naik 0.4%.
• Bursa saham Eropa menguat, dipicu oleh rilis optimis data pekerjaan AS. Data dari AS dan emerging markets telah menjadi pendorong utama untuk perusahaan‐ perusahaan Eropa, yang menghadapi suramnya pertumbuhan domestik, ditandai oleh rilis lebih buruk dari perkiraan untuk data industrial output dari Prancis, Italia dan Jerman. Indeks FTSE Eurofirst 300 <.FTEU3> ditutup naik 0.4% di 1,079.37 poin.
• Data AS telah mengangkat dolar secara luas ke level multi‐bulanan terhadap sejumlah rivalnya dan awalnya sempat menekan harga komoditas. Harga minyak berjangka kemudian berhasi rebound setelah rilis data pekerjaan AS mengatasi tekanan dolar dan mengurangi euforia seputar debt swap Yunani. Dolar menguat terhadap sejumlah rivalnya, dengan indeks dolar naik 1.1% di 79.993. Namun euro jatuh lebih dari 1% terhadap dolar akibat kekhawatiran masalah utang kawasan dan suramnya prospek pertumbuhan ekonomi domestiknya. Euro bergerak di sekitar $1.3114.
• Sementara bursa global yang terangkum kedalam MSCI world equity index <.MIWD00000PUS tercatat naik 0.1% di 329.40. Brent crude futures <LCOc1> berakhir naik 54 sen di $125.98 per barel. Sedangkan U.S. light sweet crude oil <CLc1> naik 82 sen di $107.40 per barel.
• Harga obligasi pemerintah AS dan Jerman jatuh. Treasury tenor 10 tahun turun 4/32 dengan yield 2.03%. Harga emas spot naik $13.15 menjadi $1,713.40 per ounce. Sedangkan emas berjangka AS pengiriman April berakhir menguat $12.80 di $1,711.50 per ounce.
• Kekhawatiran terhadap kondisi ekonomi global nampaknya akan membuat pasar memusatkan perhatian pada sidang The Fed pekan ini, meskipun nampaknya The Fed masih membuka peluang untuk pelonggaran kebijakan moneter lebih lanjut namun kemungkinan masih akan menunggu hingga prgramnya yang berjalan saat ini, yang disebut dengan "Operation Twist", berakhir masa berlakunya di bulan Juni.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar