Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Kamis, 16 Juni 2011

IHSG Outlook 16 Juni 2011

- Dow ditutup pada level 11.897, turun 1.48%, lebih rendah dari penutupan 2 hari yang lalu pada level 11.953, berarti membentuk new low kembali.
- Demikian juga harga oil turun pada level 95 USD, turun diatas 4% dari harga kemarin.
- Komoditas Nikel dan Nikel juga semakin dalam, yang masih naik adalah CPO dan GOLD.
- Jadi hampir dipastikan IHSG hari ini akan kena getahnya juga, patokan kita adalah apakah harga level support yang terbentuk 3 hari yang lalu mampu’kah bertahan?
- Contoh CPIN terbentuk harga support pada level 1830, akankah lebih rendah lagi?
- Sedangkan saham B-7 kemarin semua support telah tembus, baik BUMI, ENRG, UNSP, ELTY, DEWA, big trader lebih cepat kabur pada posisi yang kurang menguntungkan pada saham-saham B-7 daripada buy and hold, karena setelah turun dalam, bila market kondusif Bandar akan lebih mudah menaikan harga kembali, daripada membuat harga B-7 diam ditempat (psikologis fluktuasi)
- Saham yang relative menjadi pilihan kembali kepada defensive stock, yaitu KLBF, JSMR, JSMR, INDF, MYOR, EXCL.
- Asing kemarin net buy dengan value yang cukup besar, namun asing nampak tidak ingin membeli di harga atas (hanya mau menampung harga bawah), namun demikian asing masih net buy dengan value yang besar, narket relative tertahan.
- Hari ini mari kita kembali melihat arah market dengan memperhatikan saham-saham besar seperti ASII, UNTR, BBRI, BMRI, BUMI, ITMG, sampai seberapa jauhkan laju penurunannya?
- Seperti yang telah saya kemukakan 3 hari yang lalu, IHSG kembali pada level 3786 pada tanggal 5 Januari 2011, dan kemarin IHSG pada level 3794, artinya selama hampir 6 bulan IHSG kembali lagi ke level semula, bila Para Pembaca yang telah sempat take profit, jangan sampai merugi kembali, safety trading dan not be greedy serta pergunakan money management yang baik.
- Arah market semakin tidak menentu dan fluktuasi, lebih gampang rugi daripadauntung, jadi semakin rampingkan portofolio adalah tindakan yang lebih bijaksana.
- Kemarin IHSG berhasil tembus dengan mudah diatas level 3800, namun aksi panik selling menjelang eropa dibuka, maka akhirnya tutup dibawah 3800.
- Diharapkan IHSG tidak membentuk new low seperti Dow, paling tidak jangan lebih rendah dari 3728.
S : 3760-3728, R : 3810-3816.



Support & Resistan Tabel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar