Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Rabu, 29 Juni 2011

OUTLOOK US & GLOBLAL

• Bursa saham dunia berlanjut naik sekitar 1% dan euro juga berlanjut rebound pada hari Selasa di tengah harapan positif menjelang voting parlemen Yunani untuk program penghematan besar (austerity measures) dan rencana perbankan Perancis untuk memperpanjang kepemilikan aset‐aset obligasi Yunani yang telah jatuh tempo dalam rangka menyelamatkan Yunani dari krisis utangnya.
• Meningkatnya aksi investor ‘kembali ke aset‐aset beresiko tinggi’ seperti ekuitas dan komoditas – yang membuat lelang obligasi AS bertenor 5 tahun terancam mengalami penurunan demand – menyebabkan penurunan harga obligasi AS dan memicu kenaikan saham‐saham, menyusul meningkatnya optimisme bahwa parlemen Yunani akan setuju mengadopsi rencana penghematan fiskal yang dibutuhkan untuk memperoleh bantuan keuangan penting dari dana internasional – meskipun dibayangi oleh terus meningkatnya demonstrasi jalanan di Athena.
• Dalam indikasi sebelum musim rilis laporan keuangan kuartalan perusahaan, saham Nike Inc. naik 10,1% sehari setelah melaporkan laba kuartal keempat di atas ekspektasi, sambil memberikan indikasi kuatnya pesanan (order) untuk masa depan.
• Indeks MSCI untuk saham dunia naik 1,1%, sementara indeks Nikkei di bursa berjangka AS <NKc1> naik 1,1%.
• Di Athena, aksi demonstrasi mulai mengarah anarkis dengan saling melempar batu dan mulai terlihat aksi pembakaran sejumlah tong sampah dan sebuah truk telekomunikasi di luar Parlemen. Sementara polisi antihuru‐hara mulai menembakkan gas air mata untuk membubarkan mereka seiring dengan semakin dekatnya waktu pelaksanaan voting Parlemen (Rabu & Kamis) untuk rencana penghematan besar. Serikat buruh memulai pemogokan 48‐jam sebagai bentuk protes terhadap syarat Uni Eropa/IMF untuk mengucurkan dana talangan ke Yunani.
• Program penghematan tersebut meliputi pemangkasan spending, kenaikan pajak serta privatisasi yang diperlukan oleh para pemberi pinjaman internasional sebagai harga untuk bantuan keuangan lebih lanjut. Sementara perbankan dan perusahaan asuransi Zona Eropa sedang mempertimbangkan rencana yang digariskan oleh Presiden Prancis Nicolas Sarkozy pada Senin dimana para pemegang obligasi swasta akan menginvestasikan kembali setengah dari hasil utang Yunani yang jatuh tempo ke obligasi baru bertenor 30 tahun dengan bunga 5,5% ditambah bonus terkait dengan pencapaian tingkat pertumbuhan ekonomi Yunani.
• Kabar terkini dari Eropa mengangkat EURUSD karena maredam kekhawatiran terhadap kemungkinan default (gagal bayar) di Zona Eropa. Harapan optimis terhadap resolusi Yunani dan melemahnya dolar AS pun memicu kenaikan harga komoditas, termasuk minyak mentah. Harga minyak crude di pasar berjangka AS <CLc1> meningkat hampir 3%.
• Namun analis mengingatkan bahwa kenaikan aset‐aset beresiko tinggi ini akan terbatas karena suksesnya dana talangan lanjutan ke Yunani saat ini, menurut mereka, hanya akan menunda default saja mengingat beban utangnya begitu besar. Meningkatnya harapan optimis untuk Yunani saat ini pun meredam safety‐bid investor di pasar Treasury AS – yang menyebabkan turunnya harga obligasi AS bertenor 10 tahun yang mendorong yield‐nya kembali di atas 3%.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar