Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Selasa, 23 Agustus 2011

IHSG OUTLOOK 23 AGUSTUS 2011

- Dow semalam dibuka sempat naik diatas 1%, namun tutup hanya naik sekitar 0.34%, berarti kekuatan bull masih relative lemah dibandingkan kekuatan bear.
- Saya lebih suka dibuka merah/turun, tetapi ditutup posisi naik, sehingga candle berbentuk hammer, melambangkan posisi reversal, seperti IHSG kemarin dibuka turun tajam, tetapi mendekati penutupan ditutup mendekati open.

- Namun secara overall belum disebut aman, kenaikan tidak disertai oleh volume, asing net sell masih tinggi sebesar 680 milyard rupiah, saham ASII yang berhasil tutup naik adalah karena Bandar memberikan peluang kepada saham ASII agar trader lokal terpancing untuk membeli, sedangkan asing menjual sambil mundur. Jadi harga yang asing jual menjadi lebih bagus bukan ?

- Namun buat para scalper/trading cepat, trader apapun, adalah sah-sah saja, sepanjang bisa membaca strateginya dan disiplin.
- Setelah hari Jumat group Astra dipukul turun, kemarin yang mendapat giliran adalah saham-saham banking BMRI, BBRI, BBNI, BBCA + terutama saham BUMI.
- Saham pilihan yang boleh diperhatikan adalah : INDF, GGRM, JSMR.
- Sedangkan small cap nya adalah : SDRA, SMSM, MAIN, TBLA, ASRI, ENRG.
- Saham ASII memang naik turun cukup volatile, dan banyak penggemarnya, namun bagi saya tidak menarik, karena naik 300 rupiah saja belum untung, untuk trader yang bermain cepat saya tetap lebih suka memilih saham-saham yang naik 1 poin saja sudah untung atau tidak rugi, yaitu yang dengan fraksi 1, 5, 10, 25.
- Fraksi Rp.1, yang harganya antara 60-200, contoh DEWA, ENRG. dsb
- Fraksi Rp. 5,- yang harganya sekitar 200-300. Contoh ASRI, SSIA, dsb.
- Fraksi Rp. 10 yang harganya Rp. 500-600, contoh POLY, TBLA, dsb.
- Fraksi Rp. 25 yang harganya sekitar 2000an. Contoh CPIN.
- Sebagai contoh, CPIN misal beli di 2525 jual di 2600 saja keuntungannya (bila dipotong fee 0.19-0.29, maka mendapat laba 2.48%) jauh lebih besar dibandingkan ASII misal beli di 67.000 jual di 68000 ( bila dipotong fee 0.19-0.29, maka mendapat laba 1.01%).

- Yang sedikit melegakan adalah harga minyak yang telah kembali naik sekitar 84 usd, sedangkan harga nikel dan timah masih turun, hanya harga "EMAS" kembali break all time new high, sempat mendakati 2000 USD/troy ons yaitu pada level 1910 usd.

- Banyak rekan yang bertanya mengenai trading EMAS, namun saya perlu membahasnya dengan hati-hati sekali, karena bermain future sangat berbahaya, harga EMAS sudah mendekati 2000 USD, kemungkinan up side mulai terbatas, tidak mungkin dalam 1-2 hari ini bisa ke level 2500 usd, namun yang ada adalah volatile / berfluktuasi tinggi, sehingga bagi pemain future gold sangat menguntungkan sekali, dengan syarat mempunyai waktu, cukup menguasai TA level advance dan berjiwa scalper, dan saat ini tidak cocok untuk buy and hold.

Support & Resistant Tabel :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar