Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Senin, 30 Januari 2012

IHSG OUTLOOK 30 JANUARY 2012


- Hari ini memasuki minggu terakhir bulan Januari 2012 yang menyisakan waktu besok 1 hari lagi di penghujung bulan Januari 2012, banyak kekhawatiran akan adanya crash yang dikhawatirkan sehubungan sering terjadinya pada bulan Januari, ternyata IHSG masih bertahan dan mondar mandir 3800-4000.
- Beberapa waktu terakhir ini aksi demo buruh secara besar-besaran juga mau tidak mau akan menjadi sorotan para pelaku bisnis, baik skala Nasional maupun secara International.
- Persoalannya sebuah SK Gubernur yang menaikan UMR (Upah Minimum Regional) telah dibatalkan oleh Keputusan PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara), memicu buruh untuk membatalkan Keputusan PTUN dengan cara DEMO memblokir jalan-jalan TOL dan melumpuhkan ratusan/ribuan pabrik akibat buruhnya tidak bekerja.
- Pandangan sekilas secara hukum, SK Gubernur secara “HUKUM” bisa dibatalkan dengan “Keputusan PTUN”, demikian juga Keputusan PTUN tentunya ada upaya hukum lainnya yaitu menyatakan BANDING kepada PTTUN (Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara).
- Namun Buruh tidak mau menempuh jalan HUKUM, lebih condong ke arah praktis dengan aksi DEMO, untuk memaksa kehendaknya membatalkan putusan PTUN tsb, nah ini berarti dimanakah letak Indonesia sebagai Negara Hukum ???
- Saya pribadi tidak berpihak kepada Apindo ataupun kepada Buruh, tetapi sedikit diuraikan karena Peranan Pasar modal akan ditentukan juga oleh beberapa faktor, yaitu Faktor Politik baik dalam negeri maupun luar negeri serta Kepastian Hukum suatu Negara.
- Apakah Market IHSG akan terpengaruh oleh Demo buruh tsb? Secara praktis tentu saja saya jawab bisa terpengaruh baik Jangka pendek, ataupun jangka panjang, Jangka Pendek tentu saja kita lihat IHSG beberapa hari terakhir ini terlihat IHSG sering anomaly dengan Dow Jones, dimana Dow Jones ijo, IHSG malah merah, sedangkan Jangka panjang sampai sejauh mana Kebijaksanaan Pemerintah untuk mencarikan solusi yang sifatnya win-win solution, baik buat Para Pengusaha dan buruh, serta juga memperlihatkan adanya Kewibawaan dan Kepastian Hukum dimata Dunia International.
- IHSG saat ini belum bisa dikatakan Down Trend, bahkan IHSG masih dalam katagori up trend, namun market beberapa kali susah tembus level 4000 juga memperlihatkan market lesu dan kurang bergairah, volume transaksi juga hanya sekitar 3 milyard, relative kecil, karena market normal bisanya nilai transaksi IHSG adalah berkisar 5 trilyun.
- Ada yang bertanya tentang apakah DOC itu ?
DOC singkatan dari Day Old Chick, artinya anak ayam yang berumur 1 hari.
Secara sederhana DOC berarti harga anak ayam broiler (negeri), dimana harga saham CPIN kemarin sempat turun mendekati harga 2000 dikarenakan harga DOC sempat turun dibawah 1000/ekor, dan saat ini harga DOC kembali ke level 4000an.
Semoga terbantu jawaban saya
- Menjelang awal bulan Februari nanti, seperti biasa kita akan melihat apakah inflasi akan tinggi atau rendah, hal ini akan terasa dan pengaruh pada saham perbankan.
- Terakhir hati-hati Dow jones saat ini sedang posisi jenuh beli dan resist kuat di level 12.700, apalagi IHSG, Dow hijau saja IHSG merah, apalagi kalau Dow merah seperti penutupan pada hari Jumat kemarin, semoga Demo-demo bisa secepatnya kondusif, sehingga market IHSG bisa perkasa kembali.

HRUM



INDY


Tidak ada komentar:

Posting Komentar