Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Kamis, 19 Januari 2012

OUTLOOK US & GLOBAL 19 JANUARY 2012


• Bursa saham Amerika ditutup naik terdongkrak laporan keuangan Goldman Sachs yang meredam kekhawatiran pelaku pasar akan potensi keuntungan perbankan Amerika pada kuartal keempat 2011 silam. Sementara itu euro juga menguat ditunjang oleh berita bahwa IMF akan meningkatkan pendanaan guna menangani krisis keuangan Uni‐Eropa. Para investor akan tetap terfokus pada perkembangan di eropa, terutama berkaitan permbicaraan restrukturisasi hutang Yunani yang belum diketahui hasilnya. Yunani diharapkan memperoleh kesepakatan dengan kreditur swasta menyusul keharusan membayar hutang yang jatuh tempo pada Maret mendatang senilai 18,5 miliar USD atau 14,5 miliar euro.
• Indeks S&P 500 dan Nasdaq keduanya menguat lebih dari 1% sebagai respon positif dari berita bahwa IMF akan menaikkan jumlah fasilitas pendanaan. Kinerja bursa juga ditunjang oleh rilis laporan keuangan Goldman Sachs Group Inc's <GS.N> yang melebihi ekspektasi analis sebelumnya. IMF diperkirakan akan menaikkan basis pendanaan senilai 600 miliar USD untuk dipinjamkan kepada negara‐negara kawasan Uni‐Eropa yang tengah mengalami kesulitan likuiditas.
• Euro menguat terhadap dolar AS dalam 3‐sesi terakhir, kinerjanya ditunjang oleh keyakinan pelaku pasar bahwa lembaga pemeringkat Fitch tidak akan melakukan pemangkasan peringkat hutang Italia. Kondisi ini turut mengangkat kinerja komoditas, dimana harga tembaga di pasar berjangka New York <HGH2> dan London <CMCU3> berhasil bangkit dari pelemahan pada awal sesi. Sedangkan emas <GCG2> ditutup menguat 0,5% ke 1660.50 USD per troy ounce mengikuti kenaikan euro terhadap dolar AS.
• Sementara itu disisi lain tingginya minat investor pada aset beresiko sebaliknya menurunkan minat pada obligasi. Harga obligasi pemerintah Amerika dengan tenor 30tahun <US30YT=RR> turun 1‐14/32 dengan imbal hasil berkisar pada 2.96%.
• Indeks Dow Jones <.DJI> ditutup menguat 96.88 poin atau 0.78% ke 12,578.95, indeks Standard & Poor's 500 <.SPX> ditutup menguat 14.37 poin atau 1.11% ke 1,308.04 dan Nasdaq <.IXIC> ditutup menguat 41.63 poin atau 1.53% ke 2,769.71. Saham Goldman Sachs <GS.N> naik lebih dari 7% ke 104.31 USD setelah earnig per share nya naik hingga 50% pada kuartal keempat 2011, melebihi ekspektasi analis.
• Bursa saham global yang terangkum dalam MSCI All World index <.MIWD00000PUS>, ditutup menguat 0.8% setelah sempat naik hingga level tertinggi sejak 2‐bulan terakhir, sementara itu indeks pan‐European <.FTEU3> ditutup stagnan, menghapus penguatan pada awal sesi terbayangi kekhawatiran akan pembicaraan restrukturisasi hutang Yunani.
• Sementara itu Jerman dilaporkan sukses dalam lelang obligasi senilai 3.44 miliar euro (4.4 miliar USD) untuk obligasi dengan tenor 2‐tahun. Sedangkan Portugis juga mencatat kesuksesan pada penjualan obligasi jangka pendek senilai 2,5 miliar euro, memperoleh manfaat dari besarnya likuiditas yang disediakan oleh ECB pada akhir tahun lalu. Para analis memperkirakan lelang‐lelang obligasi negara asal Uni‐Eropa masih akan menjadi salah satu barometer pergerakan sentimen pelaku pasar pada pekan‐pekan mendatang, dimana lelang obligasi Spanyol dan Perancis akan memainkan peranan penting selanjutnya.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar