Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Jumat, 20 Januari 2012

OUTLOOK US & GLOBAL 20 JANUARY 2012


• Bursa saham global dan euro menguat pada sesi Kamis ditunjang oleh suksesnya lelang obligasi beberapa negara eropa yang meredakan kekhawatiran akan krisis hutang kawasan tersebut. Kinerja aset‐aset bersiko juga ditopang rilis laporan keuangan Morgan Stanley dan Bank of America yang cemerlang dan mendongkrak bursa Wall Street. Euro mencapai level tertinggi dalam 2‐pekan terakhir terhadap dolar AS, seiring turunnya kekhawatiran investor akan pendanaan negara eropa dan kemungkinan gagal bayar Yunani.
• Data fundamental ekonomi Amerika menopang ekspektasi bahwa ekonomi terbesar dunia tersebut mulai pulih. Jobless claims mencapai level terendahnya sejak 4‐tahun terakhir dalam sepekan terakhir, meskipun disisi lain data Philadelphia Fed Business turun dibawah perkiraan.
• Bursa saham global yang terangkum dalam MSCI's all‐country world index <.MIWD00000PUS>, ditutup menguat 0.9% setelah sempat mencapai level tertinggi sejak 2‐1/2 bulan terakhir.
• Indeks Dow Jones <.DJI> ditutup menguat 45.03 poin atau 0.36% ke 12,623.98, indeks Standard & Poor's 500 <.SPX> ditutup menguat 6.46 poin atau 0.49% ke 1,314.50 dan Nasdaq <.IXIC> ditutup menguat 18.62 poin atau 0.67% ke 2,788.33.
• Sementara itu obligasi pemerintah Amerika dengan tenor 10‐tahun turun 23/32, dengan imbal hasil berada pada 1.977%.
• Indeks The FTSEurofirst 300 <.FTEU3> ditutup menguat 1,1% ke 1,046.30, mendekati level tertinggi dalam kurun 5‐1/2 bulan terakhir. Bursa saham global menguat sejak awal tahun ditunjang oleh data ekonomi Amerika yang positif dan maraknya penyediaan likuiditas oleh bank sentral negara‐negara maju.
• Euro <EUR=> ditutup menguat 0,8% ke 1.2969.
• Tingginya permintaan terhadap obligasi eropa mendukung sentimen pelaku pasar, Spanyol dan Perancis berhasil menjual obligasi dengan nilai total 16 miliar USD. Dimana Spanyol berhasil menjual 6,6 miliar euro (8,5 miliar USD) atau lebih dari rencana semula yang hanya 4,5 miliar euro. Sementara itu
Perancis menjual 9,5 miliar euro dengan imbal hasil yang lebih rendah dari lelang sebelumnya.
• Penyediaan likuiditas tambahan oleh ECB akhir tahun lalu turut mendukung kesuksesan penjualan obligasi negara‐negara eropa akhir‐akhir ini. Sementara itu pembicaraan mengenai restrukturisasi hutang Yunani diperkirakan mencapai kemajuan, dan meredakan kekhawatiran akan gagal bayar negara
tersebut.
• Dipasar komoditas, London's Brent crude oil <LCOc1> ditutup menguat hampir 1% ke 111.55 USD per barrel, sedangkan Copper futures <CMCU3> ditutup menguat 1,5% setelah sempat naik ke level tertinggi sejak 4‐bulan terakhir seiring proyeksi kenaikan permintaan global.
• Harga emas justru ditutup melemah, analis memperkirakan ini dipengaruhi aksi ambil untung pelaku pasar menyusul kenaikan tajam emas sejak awal
tahun. Harga spot emas <XAU=> ditutup melemah 0,5% ke kisaran 1,651.79 USD per troy ounce.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar