Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Selasa, 17 Januari 2012

OUTLOOK US & GLOBAL 17 JANUARY 2012


• Bursa saham eropa bertahan dari pelemahannya, dimana indeks FTSEurofirst 300 ditutup menguat tipis dari penutupan sesi Jumat akhir pekan lalu. Meskipun demikian sub‐indeks perbankan eropa mengalami penurunan 1,1% seiring kekhawatiran bahwa sektor tersebut akan menjadi target pemangkasan peringkat berikutnya.
• Euro sempat mendekati ke level terendah sejak 17‐bulan terakhir terhadap dolar AS ke 1.2624 dan kembali mencatat level terendah sepanjang 11‐tahun terakhir terhadap yen di 97.01. Buruknya kinerja euro tersebut dipengaruhi oleh pemangkasan peringkat hutang beberapa negara Uni‐Eropa, termasuk diantaranya Perancis dan Italia yang merupakan ekonomi kedua dan ketiga terbesar Uni‐Eropa. Pemangkasan peringkat hutang tersebut dikhawatirkan akan berujung pada gagal bayarnya Yunania, seiring macetnya pembicaraan antara pemerintah Yunani dengan kreditur swasta.
• Hingga akhir sesi eropa, euro tercatat melemah 0,04% terhadap dolar AS ke 1.2675, masih rentan dari penurunan menuju level terendah dalam 17‐bulan terakhir. Volume perdagangan sangat tipis, berkaitan libur nasional Amerika – Martin Luther King, Jr. Day. Kondisi ini kemudian memberikan support pada euro seiring maraknya pembelian obligasi Italia dan Spanyol oleh ECB sebagai upaya menopang pemulihan ekonomi.
• Berkaitan dengan pemangkasan peringkat hutang Perancis, Presiden Nicolas Sarkozy yang tengah berada di Madrid menyatakan “pemangkasan peringkat hutang tidak akan mengubah apapun, namun demikian kami harus terus mengurangi defisit dan mengetatkan anggaran belanja. Perancis akan meningkatkan daya kompetitifnya untuk terus berada dalam lajur pertumbuhan ekonomi”. Pernyataan Sarkozy ini berbeda dengan sebelumnya yang menyatakan bahwa “apabila peringkat hutang Perancis dipangkas maka tamatlah riwayat saya”.
• Namun demikian, analis dari S&P (sebagaimana dikutip dari Bloomberg TV) mengatakan bahwa Yunani diperkirakan dalam jangka waktu dekat akan mengalami kondisi gagal bayar, dan untuk itu pemangku kebijakan Uni‐Eropa akan bekerja keras untuk menghindari kondisi serupa menjalar ke negara lain di kawasan Uni‐Eropa. Sedangkan lembaga pemeringkat Moody’s menyampaikan peringatan bahwa Perancis dapat kehilangan peringkat hutang AAA‐ nya (berdasarkan peringkat Moody’s) apabila hutang terus meningkat atau krisis Uni‐Eropa semakin memburuk.
• Sementara itu emas ditutup menguat pada sesi awal pekan ini, dalam sesi perdagangan dengan volume yang tipis seiring libur nasional Amerika. Penguatan emas mengikuti kinerja positif bursa saham dan penguatan euro pasca pelemahan tajam akhir pekan lalu. Harga spot emas ditutup menguat 0,3% pada kisaran 1643.80 USD per troy ounce. Emas tercatat menguat 5% sepanjang Januari.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar