Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Jumat, 27 Januari 2012

OUTLOOK US & GLOBAL 27 JANUARY 2012


• Bursa saham AS melemah pada hari Kamis kemarin setelah investor melepas saham bank dan teknologi, sementara komitmen The Fed untuk menyuntikkan dana guna memacu pertumbuhan ekonomi turut menekan dolar. Pernyataan yang dilontarkan The Fed, yang pada hari Rabu lalu mengatakan akan tetap mempertahankan suku bunga di level rendah hingga 2014, telah mendorong investor untuk memburu obligasi pemerintah AS untuk jangka menengah dan panjang. Hal ini telah mendorong yield obligasi 5 tahun menembus 0,7538%, sebuah level terendahnya paling tidak dalam 50 tahun terakhir.
• Melemahnya kembali saham perbankan dan teknologi, yang mana telah mencatat prosentase kenaikan double‐digit sepanjang bulan Januari ini, terjadi setelah rilis data new home sales AS yang mengecewakan. Saham sektor perumahan mengalami tekanan jual. Hal ini telah meningkatkan kekhawatiran bahwa rally saham di awal 2012 kemungkinan telah kehilangan momentumnya. Namun data perumahan tersebut tidak sepenuhnya menghapus optimisme investor ditengah janji The Fed untuk mempertahankan suku bunga rendah dalam waktu yang lebih lama.
• Melemahnya bursa AS juga dipengaruhi oleh laporan laba perusahaan yang lebih buruk dari perkiraan investor. Namun Caterpillar Inc <CAT.N>, komponen dari indeks Dow Jones, mencatat lonjakan labanya yang berhasil melampaui ekspektsi Wall Street. Seiring melemahnya bursa saham, harga minyak berjangka dan emas berjangka justru naik untuk kedua kalinya. Kekhawatiran pada nasib Yunani dalam upayanya untuk mengatasi utangnya guna menghindari default telah mendorong investor untuk membeli aset‐aset aman resiko seperti obligasi AS dan Jerman. Media Yunani melaporkan bahwa kreditor swasta Yunani bersedia menurunkan "tawaran final" mereka dengan tingkat bunga 4 persen pada obligasi Yunani yang baru, dalam rangka untuk meraih kesepakatan guna mencegah terjadinya default. Adapun pembicaraan mengenai Utang‐swap akan dilanjutkan pada hari Jumat.
• Rilis data semalam menunjukkan order untuk barang manufaktur meningkat melampaui ekspektasi di bulan Desember dipicu kuatnya permintaan pada produk pesawat, sementara rebound pada rencana business spending mengisyaratkan investasi mengalami peningkatan di akhir tahun kemarin. Durable goods orders naik 3% setelah data bulan November direvisi naik menjadi 4,3% dari laporan awal 3,7%. Data tersebut melampaui ekspektasi pasar sebesar 2%. Sedangkan untuk non‐ defense capital goods orders excluding aircraft, yang digunakan sebagai barometer untuk business spending, meningkat 2,9%.
Sementara data lainnya menunjukkan jumlah klaim untuk memperoleh tunjangan pengangguran mengalami kenaikan di pekan lalu, namun tren secara umum menunjukkan adanya peningkatan pada pasar tenaga kerja AS. New home sales, dirilis turun 2,2% di ulan Desember, kontras dengan ekspektasi pasar yang menunjukkan adanya kenaikan tipis.
• Dow Jones industrial average <.DJI> ditutup melemah 22.33 poin atau 0.18% di level 12,734.63. Sedangkan Standard & Poor's 500 Index <.SPX> berakhir turun 7.60 poin atau 0.57% di level 1,318.45. Sementara Nasdaq Composite Index <.IXIC> ditutup melemah 13.03 poin atau 0.46% di level 2,805.28. FTSEurofirst 300 <.FTEU3> naik 1.2% di 1,051.72 setelah mencatat level tertinggi 6 bulan. Namun indeks Nikkei Jepang <.N225> turun 0.4% dan ditutup di 8,849.47. Euro menembus level intraday high di $1.3175, level tertingginya sejak 21 Desember dan diperdagangkan flat kemarin di $1.3102.
• Di pasar minyak, Brent crude futures <LCOc1> naik 98 sen atau 0.89% di $110.79 per barel. Sedangkan U.S. crude futures <CLH2> untuk pengiriman Maret naik 30 sen di $99.70 per barel setelah mencatat intraday high di $101.39.Harga emas naik 0.6% di $1,720.69 per ounce setelah menembus level puncaknya $1,729.76, yaitu level tertinggi sejak 8 Desember
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar