Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Rabu, 18 Januari 2012

OUTLOOK US & GLOBAL 18 JANUARY 2012


• Bursa saham global, komoditas minyak dan harga logam dunia menguat pada sesi Selasa 17 Januari ditunjang oleh membaiknya sentimen pelaku pasar seiring pertumbuhan ekonomi Cina yang menguat dan data positif dari Jerman dan Amerika. Namun demikian kekhawatiran mengenai krisis hutang Uni‐ Eropa tetap berlanjut, dan kemudian sedikitnya memangkas penguatan pada awal sesi. Pasca pemangkasan peringkat hutang beberapa negara Uni‐Eropa akhir pekan lalu, investor kemudian sudah mulai melepaskan diri dari pengaruh negatifnya dan meningkatkan investasi pada ekuitas dan komoditas.
• Mayoritas penguatan pada sesi ini dipengaruhi oleh meningkatnya spekulasi bahwa pemerintah Cina akan melakukan upaya penunjang pertumbuhan ekonomi dengan pelonggaran moneter berikutnya. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi Cina yang walaupun masih mengalami ekspansi, namun tercatat sebagai kinerja terburuk sejak 2‐1/2 tahun terakhir pada kuartal keempat 2011 silam.
• Harga minyak <CLc1> dan tembaga <CMCU3> <XAU=> ditutup menguat lebih dari 2% ditunjang oleh sentimen positif pertumbuhan ekonomi global seiring meningkatnya tensi geopolitik yang berpotensi menaikkan harga komoditas dunia. Sementara tu emas <XAU=> mencapai level tertinggi dalam kurun 5‐ pekan terakhir menyusul pelemahan dolar AS untuk pertama kalinya sejak 3‐sesi terakhir terhadap euro. Harga spot emas tercatat menguat 0,5% ke 1652.45 USD per troy ounce.
• Sedangkan euro <EUR=> yang sempat mencapai session high di 1.2808 kemudian ditutup pada kisaran level 1.2738, atau menguat 0,6% terhadap dolar AS.
• Bursa saham eropa FTSEurofirst 300 index <.FTEU3>, ditutup menguat 0.85% setelah sempat mencapai level tertinggi sejak 5‐1/2 bulan terakhir. Sedangkan bursa saham global yang terangkum dalam MSCI All Composite World Index <.MIWD00000PUS>, menguat 0.76%. Namun demikian terus bergulirnya kekhawatiran akan kodisi eropa membuat sebagian investor tetap waspada, terutama mengamati restrukturisasi hutang membuat sebagian investor tetap waspada, terutama mengamati restrukturisasi hutang unani untuk menghindari kondisi gagal bayar.
• Indeks Dow Jones <.DJI> ditutup menguat 60.01 poin atau 0.48% ke 12,482.07, indeks Standard & Poor's 500 <.SPX> ditutup menguat 4.58 poin atau 0.36% ke 1,293.67 dan Nasdaq <.IXIC> menguat 17.41 poin atau 0.64% ke 2,728.08.
• Sentimen pelaku pasar mendapat dukungan dari rilis data manufacturing untuk negara bagian New York yang mengalami kenaikan pada Januari. Kenaikan tersebut merupakan yang terpesar sejak 9‐bulan terakhir, ditunjang oleh new orders dan kondisi sektor ketenagakerjaan yang membaik.
• Bursa saham Wall Street sempat menguat lebih dari 1%, meskipun akhirnya penguatan tersebut sedikit terhapus pasca rilis laporan keuangan kuartalan Citigroup <C.N> yang kurang menggembirakan. Saham‐saham sektor keuangan ditutup beragam seiring masih berlangsungnya laporan keuangan perbankan besar Amerika. Saham Wells Fargo & Co <WFC.N> ditutup menguat 0.7% setelah laporan keuangannya melebihi ekspektasi, sementara Citi melemah 8% setelah mencatat penurunan keuntungan sebesar 11%.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar