Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Senin, 17 Oktober 2011

OUTLOOK US & GLOBAL 17 OCTOBER 2011


• Bursa saham global bersama dengan euro menguat pada sesi akhir pekan lalu seiring berkembangnya optimisme bahwa eropa telah berada dalam jalur yang tepat dalam rangka upaya pemulihan krisis hutang. Kepercayaan investor juga semakin meningkat setelah rilis data penjualan ritel Amerika menunjukkan peningkatan signifikan, melebihi ekspektasi. Indeks acuan, S&P 500 membukukan penguatan mingguan beruntun dalam 2‐pekan terakhir untuk pertama kali sejak Juli sementara euro membukukan performa mingguan terbaik sejak 9‐bulan terakhir dan emas juga mencatat penguatan mingguan terbaik dalam kurun 6‐pekan terakhir.
• Menteri‐menteri keuangan G20 dan bank sentral dari negara‐negara tersebut memulai pertemuannya di Paris pada Jumat 14 Oktober. Investor mengharapkan pertemuan tersebut akan menghasilkan landasan untuk kesepakatan yang akan dicapai pada European Union summit 23 Oktober mendatang.
• Meskipun investor belum berharap banyak akan adanya strategi penanganan krisis secara komprehensif pada pertemuan G20 tersebut, namun terdapat optimisme bahwa solusi untuk krisis hutang Uni‐Eropa akan mulai dijalankan. Turut menopang minat investor adalah rilis data retail sales Amerika untuk September yang naik 1,1%, merupakan kenaikan terpesat dalam kurun 7‐bulan terakhir, menguatkan ekspektasi akan prospek ekonomi Amerika kedepannya.
• Data retail sales tersebut, berkombinasi dengan cerahnya laporan earning Google pada Kamis pekan lalu menutupi kekhawatiran akan pemangkasan peringkat kredit Spanyol oleh lembaga pemeringkat S&P. Data penjualan ritel juga diharapkan akan meningkatkan ekspektasi GDP Amerika, meskipun diperkirakan resolusi menyeluruh pada penanganan krisis Uni‐Eropa masih akan menjadi fokus utama investor.
• Sepanjang pekan lalu indeks indeks Dow Jones tercatat menguat 4,9%, S&P500 naik 6% dan Nasdaq melejit 7.6%. Pada sesi akhir pekan lalu indeks Dow Jones <.DJI> ditutup menguat 166.36 poin atau 1.45% ke 11,644.49, indeks Standard & Poor's 500 <.SPX> naik 20.92 poin atau 1.74% ke 1,224.58, indeks Nasdaq Composite <.IXIC> naik 47.61 poin atau 1.82% ke 2,667.85.
• Pekan ini, pelaku pasar akan menantikan rilis laporan earning dari sejumlah perusahaan ternama Amerika, diantaranya adalah Citigroup, IBM, Apple, Bank of America, Goldman Sachs, Intel, Yahoo dan Morgan Stanley. Laporan keuangan yang membaik akan semakin meningkatkan optimisme pelaku pasar terhadap oultook ekonomi Amerika pada khususnya dan global pada umumnya.
• Sementara itu indeks, the FTSEurofirst 300 <.FTEU3> ditutup menguat 0.95% ke 975.52 poin, sementara itu acuan indeks bursa utama global ‐ MSCI's all‐country world equity index <.MIWD00000PUS> naik 1.4%. Meningkatnya minat investor terhadap aset beresiko juga turut mendongkrak harga minyak dunia hingga 3% dan menekan kinerja dollar AS serta obligasi Amerika.
• Kinerja minyak meningkat seiring harapan bahwa otoritas uni‐eropa akan menyetujui penanganan krisis hutang Uni‐Eropa. Harga minyak jenis Brent crude untuk pengiriman Desember <LCOc1> ditutup menguat 3.26 USD ke 112.46 USD per barel, sementara itu harga minyak jenis U.S. crude <CLc1> ditutup menguat 2.57 USd ke 86.80 USd per barrel.
• Harga emas menguat pada sesi Jumat pekan lalu, membukukan kinerja mingguan terbaik sejak 6‐pekan terakhir, menyusul meningkatnya optomis penanganan krisis Uni‐Eropa. Harga spot emas <XAU=> naik 12.89 USD ke 1,679.00 USD per troy ounce, dalam sepekan terakhir emas tercatat naik 2,5%.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar