Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Jumat, 07 Oktober 2011

OUTLOOK US & GLOBAL 7 OKTOBER 2011


• Bursa saham global menguat dalam 3‐sesi secara beruntun, sementara itu harga minyak dunia turut naik seiring meningkatnya kepercayaan pelaku pasar akan upaya otoritas Eropa untuk memberikan bantuan pada sektor perbankan regional. Sedangkan data sektor ketenagakerjaan Amerika, jobless claims meskipun dirilis diatas perkiraan sebesar 401.000 namun sedikitnya mulai meredakan kekhawatiran akan resesi jilid baru.
• Bank sentral eropa – ECB memberikan pinjaman jangka panjang untuk mengatasi kemungkinan ketatnya pinjaman yang dibutuhkan perbankan dalam menghadapi krisis hutang kawasan tersebut. Sedangkan otoritas Uni‐Eropa telah siap untuk menerapkan rencana rekapitalisasi perbankan kawasannya.
• Saham‐saham perusahaan eropa menguat seiring dengan penguatan bursa saham Wall Street yang berhasil bangkit dari keterpurukannya setelah sempat masuk pada teritori negatif pada perdagangan Selasa 04 Oktober. Saat ini pelaku pasar mulai memiliki optimisme bahwa ofisial Uni‐Eropa akhirnya melakukan penanganan krisis hutang lebih serius dari sebelumnya.
• Euro menguat terhadap dollar dalam 3‐sesi terakhir secara berturut‐turut, sementara itu obligasi pemerintah dari dua kawasan tersebut melemah setelah langkah ECB pada akhirnya memupus kekhawatiran akan terperosoknya kembali kepada kondisi resesi. Euro menguat 0,6% ke 1.3433 hingga akhir sesi New York dan bursa saham Eropa ditutup menguat 2%. Sementara bursa saham Inggris menguat lebih dari 3% setelah BoE mengumumkan paket QE jilid kedua senilai 75 miliar poundsterling untuk menopang pemulihan ekonomi.
• Presiden ECB ‐ Jean‐Claude Trichet, dalam konferensi persnya yang terakhir sebagai pimpinan ECB menyatakan bahwa, dewan gubernur ECB memutuskan untuk meluncurkan program covered‐bond purchase yang akan melibatkan dana setidaknya 40 miliar euro dalam jangka waktu 12‐ bulan sejak November mendatang. Program covered bonds disandarkan pada aset seperti mortgage dan obligasi sektor publik yang sementara ini dipandang sebagai aset berkualitas tinggi dan aman.
• Indeks Dow Jones <.DJI> ditutup menguat 183.38 poin atau 1.68% ke 11,123.33, S&P500 <.SPX> naik 20.94 poin atau 1.83% ke 1,164.97, sedangkan indeks Nasdaq Composite <.IXIC> menguat 46.31 poin atau 1.88% ke 2,506.82.
• Indeks The FTSE 100 <.FTSE> di London menguat 3.7% ke 5,291.26, dan FTSEurofirst 300 <.FTEU3> naik 2.6% ke 940.65.
• Meninggalnya pendiri Apple – Steve Jobs tidak terlalu berdampak pada pelemahan tajam saham tersebut, meskipun pada akhirnya Apple <AAPL.O> ditutup melemah tipis 0.2%.
• Euro memang mencatat performa positif pada sesi Kamis ini namun hanya sedikit dari pelaku pasar yang mempercayai bahwa langkah ECB telah cukup untuk mengatasi krisis hutang kawasan tersebut. Dengan kondisi tersebut, euro masih berpotensi mengalami tekanan hingga akhir tahun.
• Harga minyak dunia menguat seiring positifnya perkembangan di Uni‐Eropa dan data sektor ketenagakerjaan Amerika yang tidak terlalu mengecewakan, memberikan harapan akan membaiknya non farm payrolls untuk September yang akan rilis akhir pekan ini dan menjadi perhatian utama pelaku pasar. Harga minyak Brent crude futures untuk pengiriman November <LCOc1> naik 3.00 USD ke 105.73 USD per barrel, dan minyak jenis U.S. crude <CLc1> naik 2.91 USD ke 82.59 per barrel.
• Sementara itu harga emas ditutup menguat 10.19 USD ke 1650.50 USD per troy ounce setelah melalui sesi perdagangan dengan kisaran cukup sempit. Namun emas relatif masih menguat ditunjang oleh penguatan harga komoditas dan bursa saham global.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar