Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Kamis, 10 November 2011

OUTLOOK US & GLOBAL 10 NOVEMBER 2011

• Bursa saham dan euro anjlok tajam menyusul naiknya borrowing cost Italia, meningkatkan kekhawatiran bahwa negara tersebut nantinya akan terpaksa meminta bailout yang dapat menyeret Uni‐Erop ke kondisi resesi. Euro mencetak performa harian terburuk sejak 15‐bulan terakhir seiring pengalihan aset para investor menuju obligasi Amerika yang dianggap lebih aman.
• Pelaku pasar pesimis Uni‐Eropa dan lembaga terkait lainnya akan dapat mengusung bailout yang diperlukan untuk Italia nantinya, mengingat negara tersebut adalah ekonomi terbesar ketiga Uni‐Eropa. Imbal hasil obligasi Italia untuk tenor 2‐tahun dan 10‐tahun melesat diatas level 7%, sebuah level dimana biaya pendanaan obligasi menjadi tidak seimbang.
• Bursa saham anjlok tajam, indeks Dow Jones turun hampir 400 poin dengan saham‐saham perbankan yang memimpin penurunan seiring kekhawatiran akan besarnya kerugian yang mereka tanggung berkaitan dengan kepemilikan pada obligasi asal Uni‐Eropa. Saat ini dua clearing houses terkemuka di Amerika meningkatkan level jaminan yang diperlukan untuk pihak‐pihak yang memiliki obligasi Italia. Kebijakan tersebut membuat pemegang obligasi Italia membayar lebih mahal dan diperkirakan akan semakin memicu penjualan obligasi tersebut.
• Sementara itu biaya untuk mengasuransikan obligasi Italia dari kemungkinan gagal bayar meningkat ke level tertingginya menjadi 571 basis poin, bedasarkan data dari Markit. Hal tersebut berarti diperlukan 571.000 euro per tahun untuk mengasuransikan obligasi Italia senilai 10 juta euro untuk 5‐tahun kedepan. Data dari Markit juga memperlihatkan bahwa CDS untuk Spanyol meningkat menjadi 429 basis poin, tertinggi sejak September, sementara CDS untuk Perancis naik menjadi 196 basis poin, yang merupakan level tertinggi dalam sebulan terakhir.
• Perbankan Perancis memiliki eksposur paling besar terhadap obligasi asal Italia dengan 416 miliar USD berdasarkan data yang dimiliki oleh Bank for International Settlements. Sebagai perbandingan, perbankan asal Amerika hanya memiliki sekitar 47 miliar USD dalam obligasi pemerintah Italia.
• Investor menjauhi aset beresiko dan memburu obligasi Amerika ditengah ketidakpastian krisis hutang Italia. Kondisi risk aversion yang ada pada sat ini diperkirakan mencapai level tertinggi sejak akhir musim panas lalu dimana investor mulai dibebani oleh krisis hutang Uni‐Eropa. Akibat maraknya aksi beli tersebut, harga obligasi Amerika, U.S. Treasury note <US10YT=RR> untuk tenor 10‐tahun naik 1‐1/32 sementara imbal hasilnya turun menjadi 1.97%.
• Indeks Dow Jones <.DJI> turun 389.24 poin atau 3.2% di 11,780.94, indeks S&P500 <.SPX> turun 46.82 poin atau 3.67% ke 1,229.10 dan Nasdaq <.IXIC> melemah 105.84 poin atau 3.88% ke 2,621.65. Sub‐indeks perbankan atau The KBW bank index <.BKX> anjlok 5.9%, diiringi penurunan saham Morgan Stanley sebesar 9% dan Goldman Sachs yang melemah 8.2%. Indeks bursa saham global, MSCI <.MIWD00000PUS> turun 2.7%.
• Pada akhir sesi New York, terdapat rumor yang berkembang bahwa ECB melakukan pembelian obligasi Italia secara agresif sebagai salah satu upaya untuk menekan kenaikan imbal hasil. Euro <EUR=> anjlok lebih dari 2% terhadap dollar AS ke 1.3547, tercatat sebagai penurunan harian terburuk sejak pertengahan Agustus 2010 silam. Euro juga tercatat melemah 1,9% terhadap yen dan turun 0,5% terhadap Swiss franc.
• Emas melemah menyusul aksi ambil untung pelaku pasar untuk menutupi kerugian pada investasi lainnya, meskipun pelemahan tersebut sedikit tertahan karena aksi safe haven buying ditengah ketidakpastian kondisi Italia dan kekhawatiran akan penanganan krisis hutang Uni‐Eropa. Harga spot emas <XAU=> ditutup melemah 0,6% ke 1,773.99 USd per troy ounce setelah pada sesi Selasa lalu mencapai level tertinggi sejak September di 1802.60 USd per tory ounce.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar