Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Selasa, 20 Desember 2011

IHSG OUTLOOK 20 DECEMBER 2011


- Pagi ini Dow kemabali ditutup – 0.84%, sehingga bursa Eropa dan IHSG berpeluang tertekan kembali.
- Kemarin IHSG cukup perkasa walaupun sepanjang hari dalam posisi tertekan, namun akhirnya bisa ditutup naik tipis, dibandingkan dengan bursa-bursa Hongkong dan Jepang yang terkoreksi cukup dalam.
- Hal ini disebabkan oleh karena asing melakukan net buy cukup lumayan, sehingga aksi jual dari para trader lokal tidak begitu agresif dan harga tertahan untuk tidak turun lebih lanjut pada awal pre opening, dengan saham ASII dibuka langsung open gap up ke level 72.500.
- Apakah hari ini IHSG mampu bertahan kembali? Kalau asing masih melakukan net buying, maka tidak ada yang tidak mungkin, karena financial asing jauh lebih besar daripada tenaga trader lokal.
- Jadi hari ini saya tidak bisa berbicara panjang lebar, harga minyak masih berkisar 93 usd, harga gold masih dibawah 1600 usd/troy ounce, sehingga saham-saham berbasic komoditi masih relative tertekan seperti ITMG, ADRO, BUMI, dlsb.
- Sedangkan saham yang masih berpeluang menahan index masih berkisar kepada saham banking BMRI, BBRI, BBCA, dan beberapa saham property seperti ASRI, APLN, SSIA, dlsb.
- Sekali lagi waspadai bila IHSG turun dalam, terutama jika lebih rendah dari 3750.

IHSG



BMRI



CPIN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar