Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Jumat, 09 Desember 2011

OUTLOOK US & GLOBAL 9 DECEMBER 2011


• Investor kembali melakukan aksi jual terhadap saham‐saham, komoditas dan juga euro seiring menurunnya harapan bahwa pemimpin Uni‐Eropa akan dapat menghasilkan langkah maju penanganan krisis hutang. Kekecewaan pelaku pasar antara lain dimulai dari absennya langkah drastis dari ECB guna mendukung penanganan krisis keuangan. Optimisme juga semakin menyurut setelah Jerman dikabarkan menolak proposal penguatan dana talangan Uni‐Eropa.
• Indeks Dow Jones <.DJI> ditutup melemah 198.67 poin atau 1.63% ke 11,997.70 dan S&P500 <.SPX> anjlok 26.66 poin atau 2.11% ke 1,234.35, sementara Nasdaq <.IXIC> turun 52.83 poin atau 1.99% ke 2,596.38. Sementara itu indeks bursa saham global yang terangkum dalam The MSCI All‐Country World Index <.MIWD00000PUS> tercatat melemah 1,8%, sedangkan the FTSEurofirst 300 <.FTEU3> mencatat penutupan terendah dalam 1‐pekan terakhir setelah melemah 1,5%.
• Euro sempat anjlok ke session low 1.3288 terhadap dolarAS, level terendah sejak 30 November silam, sebelum ditutup melemah 0,5% ke1.3343. Euro juga mencatat penurunan ke level terendah sejak 1‐bulan terakhir terhadap sterling ke 0.8493.
• Presiden ECB Mario Draghi juga mengumumkan langkah dukungan likuiditas untuk perbankan eropa, dengan menawarkan pendanaan biaya lebih murah dan jaminan lebih mudah dalam jangka 3‐tahun kedepan. Dalam sidang bulanannya, ECB memutuskan memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 1%. Namun pelaku pasar mengharapkan ECB akan melakukan upaya lebih dramatis dalam membantu penanganan krisis hutang Uni‐Eropa.
• Draghi juga membantah spekulasi yang selama ini berkembang bahwa ECB akan memberikan pinjaman kepada IMF untuk membantu negara‐ negara yang terkena krisis keuangan di eropa. Draghi mengatakan peminjaman dana ke IMF akan melanggar traktat Uni‐Eropa. Sementara itu pengawas perbankan eropa mengatakan bahwa perbankan di kawasan tersebut harus meningkatkan modal lebih besar dari perkiraan sebelumnya untuk dapat menanggulangi badai krisis keuangan yang masih berlanjut.
• Para pemimpin Jerman dan Perancis mengadakan pertemuan di Marseilles Perancis menjelang KTT Uni‐Eropa, dalam upaya saling melobi guna perubahan traktat Uni‐Eropa untuk memperketat aturan tentang anggaran negara kawasan. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan bahwa pihaknya percaya para pemimpin Uni‐Eropa akan menghasilkan solusi dalam rangka penanganan krisis pada KTT pekan ini.
• Emas merosot tajam, membukukan performa harian terburuk sejak 3‐pekan terakhir, terdesak kekecewaan pelaku pasar terhadap ECB yang ternyata tidak melakukan upaya tambahan guna menanggulangi krisis hutang Uni‐Eropa. Harga spot emas anjlok 1,9% ke 1707.94 USD per troy ounce. Sedangkan itu perak tercatat melemah 2,9% ke 31.55 USD per ounce.
• Sementara itu harga minyak juga melemah seiring berlanjutnya ketidakpastian penanganan krisis Uni‐Eropa, dimana minyak jenis U.S. crude oil <CLc1> melemah 2.15 USD atau 2,14% ke 98.34 USD per barel.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar