Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Kamis, 08 Desember 2011

OUTLOK US & GLOBAL 8 DECEMBER 2011


• Bursa saham Amerika ditutup menguat pada sesi Rabu 07 Desember, sementara itu euro ditutup menguat tipis terhadap dolar AS seiring masih adanya harapan bahwa European Summit akan dapat mengatasi krisis hutang Uni‐Eropa. Namun demikian harga obligasi Amerika menguat seiring mulai merebaknya pesimisme tentang hasil dari European Summit tersebut, yang kemudian mendorong minat beli terhadap aset safe haven. Harga obligasi pemerintah Amerika untuk tenor 10‐tahun menguat 16/32, dengan imbal hasil yang berkisar diantara 2.0296%.
• Euro sempat melemah baik terhadap dolar AS maupun sterling menyusul masih berkembangnya kekhawatiran akan kemungkinan pemangkasan peringkat kredit pada Jerman dan Perancis dalam jangka 90‐hari kedepan. Hingga akhir sesi New York euro tercatat menguat tipis di 1.3410.
• Perdagangan di bursa saham Amerika diwarnai volatilitas tinggi sejak awal hingga akhir sesi, terpengaruh oleh rendahnya volume perdagangan yang kemudian berdampak pada meningkatnya pergerakan pasar. Indeks S&P 500 sempat anjlok hingga 1% sebelum akhirnya berhasil menguat separuh dari pelemahan sebelumnya dalam beberapa menit saja.
• Indeks Dow Jones <.DJI> ditutup menguat 46.24 poin atau 0.38% ke 12,196.37, indeks S&P500 <.SPX> juga menguat 2.54 poin atau 0.20% ke 1,261.01, namun Nasdaq <.IXIC> ditutup melemah 0.35 poin atau 0.01% ke 2,649.21. Sejak mencapai penutupan terendah pada 25 November silam, S&P500 telah membukukan penguatan hingga 9% sampai dengan sesi Rabu 07 Desember ditunjang oleh harapan penanganan krisis Uni‐ Eropa.
• Ekspektasi akan hasil positif pertemuan akhir pekan ini semakin meningkat, investor berharap pertemuan tersebut akan menahan pemangkasan peringkat hutang negara‐negara Uni‐Eropa oleh S&P. Salah satu pejabat Perancis menyatakan bahwa pemimpin Perancis dan Jerman tidak akan meninggalkan pertemuan tersebut sampai dengan kesepakatan yang tegas telah tercapai. Namun sebaliknya, salah satu pejabat Jerman menurunkan optimisme pelaku pasar setelah menyatakan bahwa pemerintah Berlin mulai pesimis akan hasil dari pertemuan tersebut nantinya.
• Sementara itu komoditas diperdagangkan melemah, mengikuti penurunan minat investor terhadap aset beresiko dimana harga minyak, logam dan beras melemah secara luas. Minyak jenis Brent Crude <LCOc1> turun lebih dari 1 USD ke 110 USD per barel tertekan bergulirnya krisis hutang kawasan Uni‐Eropa dan menguatnya cadangan minyak Amerika. Harga tembaga di London Metal Exchange <CMCU3> ditutup melemah 15 USD ke 7,820 per ton.
• Sedangkan emas ditutup menguat dalam sesi perdagangan dengan volume yang tipis, menghasilkan sesi yang cukup volatile. Investor masih mengamati berbagai kemungkinan yang mungkin timbul dari hasil sidang ECB pada sesi Kamis 08 Desember ini dan European Summit akhir pekan nanti. Harga spot emas ditutup menguat 0,7% ke 1740.50 USD per troy ounce.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar