Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Rabu, 07 Desember 2011

OUTLOOK US & GLOBAL 7 DECEMBER 2011


• Bursa saham Wall Street ditutup menguat, sementara itu euro berakhir stagnan seiring harapan bahwa para pemimpin Uni‐Eropa tengah bekerja keras untuk mencapai kesepakatan dalam penanganan krisis hutang kawasan tersebut pasca ancaman pemangkasan peringkat hutang oleh S&P. Optimisme pelaku pasar meningkat setelah the Financial Times melaporkan bahwa para pemimpin Uni‐Eropa akan membahas penguatan dana talangan kawasan pada European Summit akhir pekan ini.
• Namun demikian, optimisme tersebut masih cukup rentan terutama dengan adanya laporan bahwa saat ini keengganan untuk saling memberikan pinjaman di antara perbankan mulai meningkat. Konsekuensi dari pemangkasan peringkat hutang adalah, akan dibutuhkan dana ekstra untuk menjual obligasi dari negara yang peringkatnya terpangkas, menaikkan besaran borrowing cost. Kondisi tersebut juga akan meningkatkan keengganan perbankan untuk saling meminjamkan dana dalam jangka pendek, yang akan berujung pada merosotnya likuiditas di pasar keuangan.
• Euro ditutup stagnan pada kisaran 1.3398. Pelaku pasar saat ini sangat sensitif dengan perkembangan yang berkaitan dengan krisisi hutang Uni‐Eropa, isu‐ isu tersebut yang belakangan ini menjadi pemicu pergerakan di pasar keuangan global.
• Indeks bursa saham global yang terangkum dalam the MSCI world equity index <.MIWD00000PUS> ditutup melemah 0.58%. Sementara itu indeks Dow Jones <.DJI> ditutup menguat 52.30 poin atau 0.43% ke 12,150.13, indeks S&P500 <.SPX> ditutup menguat 1.39 poin atau 0.11% ke 1,258.47, sedangkan Nasdaq <.IXIC> tercatat melemah 6.20 poin atau 0.23% ke 2,649.56.
• Menteri Keuangan Amerika ‐ Timothy Geithner, saat ini berada di Jerman untuk menjalin pertemuan dengan beberapa petinggi Uni‐Eropa menjelang European Summit akhir pekan nanti. Geithner menyatakan ECB memegang peranan penting dalam penanganan krisis hutang Uni‐Eropa, namun membantah anggapan bahwa The Fed akan meningkatkan pinjaman ke IMF untuk membantu krisis Uni‐Eropa.
• Harga minyak menguat ditengah sesi perdagangan dengan volume yang tipis, investor saat ini mengalihkan perhatiannya ke prospek penanganan krisis hutang Uni‐Eropa pada European Summit akhir pekan ini. Harga minyak jenis ICE January Brent crude <LCOc1> ditutup menguat 1 USD ke 110.81 USD per barrel, sedangkan minyak jenis U.S. crude untuk pengiriman Januari <CLc1> ditutup menguat 29 cents ke 101.28 USD per barel. Emas menguat di akhir sesi perdagangan Amerika, membalikkan pelemahan pada awal sesi setelah para investor melakukan pembenahan posisi pasca pelemahan tajam dalam beberapa sesi terakhir. Kinerja emas juga terbantu oleh menguatnya bursa saham Amerika yang berakhir positif hingga akhir sesi. Harga spot emas tercatat menguat 0,3% ke 1727.30 USD per troy ounce.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar