Semua tulisan di blog ini

Semua tulisan di blog ini
Semua tulisan di blog ini bukan menganjurkan untuk membeli/menjual saham/obyek trading Anda, Semua keputusan ada di tangan Anda karena itu berhati-hatilah dalam melakukan trading dan investasi.

Jumat, 03 Februari 2012

OUTOOK US & GLOBAL 3 FEBRUARY 2012


• Saham dan euro bergerak tipis pada hari Kamis, menyusul data mengisyaratkan adanya peningkatan pada pasar tenaga kerja AS dan pernyataan Kepala The Fed Ben Bernanke yang menunjukkan optimisme ekonomi yang mengimbangi kekhawatiran seputar krisis utang Eropa. Investor juga terlihat berhati‐hati menjelang rilis data non‐farm payrolls dan unemployment rate AS untuk periode Januari pada Jumat malam nanti. Bernanke, dalam testimoninya di depan Kongres semalam mengatakan, ia melihat indikasi bahwa ketidakpastian yang menyuramkan investasi bisnis AS, termasuk sektor perbankan Eropa, nampaknya kian mereda. Namun Bernanke mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan apakah perekonomian AS akan terhindar dari permasalahan yang melanda diluar perbatasannya.
• Euro menguat tajam terhadap dolar sebelum akhirnya diperdagangkan melemah 0.1% di $1.3141. Dolar menguat terhadap sejumlah rival utamanya, dengan indeks dolar naik 0.1%.
• Bursa saham AS bergerak maju‐mundur dalam kisaran sempit, terdorong oleh laporan laba perusahaan. Saham‐saham teknologi terapresiasi berkat laporan laba yang kuat dari produsen chip Qualcomm Inc <QCOM.O>, dimana sahamnya menembus level tertinggi 12 tahun setelah laba kuartal pertama melampaui estimasi. Saham ditutup naik 2.0% di level $60.73 setelah naik ke level intraday high di $61.95.
• Sementara itu data klaim pengangguran mingguan AS turun di bawah ekspektasi pasar di pekan lalu. Data hari Jumat ini diperkirakan akan menunjukkan non‐farm payrolls naik 150.000 di bulan Januari, turun dari 200.000 pekerjaan yang tercatat di periode Desember sebelumnya. Sedangkan tingkat pengangguran nampaknya masih stabil di sekitar level terendah 3 tahun di 8.5%.
• Dow Jones industrial average <.DJI> ditutup melemah 11.05 poin atau 0.09% di 12,705.41. Standard & Poor's 500 Index <.SPX> naik 1.45 poin atau 0.11% di 1,325.54. Sedangkan Nasdaq Composite Index <.IXIC> bertambah 11.41 poin atau 0.40% di 2,859.68.
• Obligasi AS tenor 10 tahun menghapus penurunan harga sebelumnya dan berbalik mencatat level positif menjelang rilis laporan tenaga kerja AS. Obligasi tenor 10 tahun naik 2/32 dengan yield 1.82%.
• Bursa saham Eropa menembus level penutupan tertinggi 6 bulan berkat laporan klaim pengangguran mingguan AS. Saham pertambangan Xstrata <XTA.L> dan pedagang komoditas Glencore <GLEN.L> pimpin kenaikan bursa Eropa berkat adanya pembicaraan kemungkinan merger. Saham Xstrata melonjak 9.9% dan Glencore naik 6.9%.
• FTSEurofirst 300 index <.FTEU3> ditutup naik 0.2% di 1,059.45 poin. Upaya penyelesaian masalah krisis utang di zona euro telah membuat investor untuk menahan diri. KTT Uni Eropa pekan ini “secara umum belum cukup” untuk mengatasi krisis, demikian kata Jean‐Claude Juncker, yang juga menjabat sebagai kepala menteri keuangan grup zona euro. Ia menggambarkan bahwa pembicaraan mesalah utang Yunani sebagai hal yang “sangat sulit”. Athena didesak untuk menyelesaikan pembicaraan tentang rencana penyelamatan 130‐miliar euro dan kesepakatan pertukaran obligasi sebelum masa pelunasan obligasi besar jatuh tempo pada bulan Maret. MSCI's all‐country world equity index <.MIWD00000PUS> naik 0.29% ke 321.70. Sedangkane emerging market index <.MSCIEF> naik 1.4%.
• Harga minyak jenis Brent naik untuk ketiga kalinya secara berturut‐turut sedangkan minyak mentah AS turun lebih dari 1%. Brent crude oil <LCOc1> naik 51 sen ke $112.07 per barel sedangkan U.S. crude <CLc1> turun $1.25 menjadi $96.36.
• Harga emas naik ke level tertinggi 2 bulan berkat turunnya klaim pengangguran mingguan AS. Namun emas berpotensi melemah kembali jika data pekerjaan AS dirilis mengecewakan nanti malam. Harga emas berjangka AS untuk pengiriman April ditutup naik $9.80 per ounce di $1,759.30.
(vaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar